Rabu, 23 Maret 2011

Install Browser Opera di Ubuntu

Saya sangat suka dengan browser Opera, terutama karena tampilannya yang ringan dan kecepatan tampilannya yang tinggi. Ditambah dengan ketersediaannya hampir di semua sistem, beberapa di antaranya adalah : Windows, Linux, Unix, MacOS, Nintendo DS, Cellular Phone dengan dukungan Java, PDA, dan banyak lagi. Kalau Anda ingin menggunakan browser Opera di Linux Ubuntu (saya menggunakan Maverick Meerkat 10.10), caranya adalah dengan mengunduh langsung dari situs Opera :
  1. Buka situs http://www.opera.com/browser/download/
  2. Pada “Select distribution and vendor” pilih “Ubuntu”
  3. Pada “Choose package format” pilih “Debian”
  4. Untuk “Download location” pilih yang menurut Anda paling cepat (Sayangnya, pada saat Saya membuat tulisan ini, belum ada Indonesia)
  5. Klik tombol “Download Opera” untuk mulai mengunduh.
  6. Jika sudah tampil tulisan “Thank you for downloading. If your download does not start automatically, please click here.” dan unduhan masih belum ada, klik tulisan “Click here” untuk melakukan request kembali.
  7. Setelah unduhan selesai, klik 2x pada berkas opera_10.63.6450_i386.deb (versi yang Saya unduh).
  8. Akan muncul layar “Ubuntu Software Center” dan penjelasan mengenai perangkat lunak Opera Browser, klik pada tombol Install. (Pada Ubuntu di bawah versi 10.10, Opera mungkin akan meminta untuk mengunduh dependencies yang diperlukan oleh Opera, silakan diiyakan saja).
  9. Setelah instalasi, Opera bisa dijalankan melalui Menu “Applications > Internet > Opera”
Selamat menikmati browser Opera di Linux Ubuntu.
Catatan untuk Kubuntu :
Sebelum melakukan instalasi berkas opera_10.63.6450_i386.deb. Sebaiknya install dulu package di bawah ini. Kemungkinan besar dikarenakan basis pengembangan Opera menggunakan Gnome Desktop Environtment, bukan KDE.
  • $ apt-get install gconf2
  • $ apt-get install gstreamer0.10-x
  • $ apt-get install gvfs
  • $ apt-get install gstreamer0.10-plugins-good

0 komentar:

Posting Komentar