Jumat, 25 Maret 2011

Cara Menginstal Ubuntu 10.10 dengan mudah

Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat telah hadir, dan saya akan menjaelaskan bagaimana cara mengistall Ubuntu 10.10, Saya telah mencobanya, dan ini skrinsut penginstalannya:

Secara umum, Ubuntu 10.10 sebetulnya tidak banyak berbeda dengan versi sebelumnya yaitu Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx. Namun banyak tampilannya menjadi lebih halus dan cantik, termasuk tampilan penginstalannya.

Bahasa yang dipilih bahasa Inggris saja, bukan bahasa Indonesia.
Pada tahap ini, bilamana memiliki akses internet, bisa langsung mengambil update sekaligus menginstall software tambahan dari pihak ke-tiga termasuk agar Ubuntu kita nanti bisa langsung digunakan untuk menyetel musik dan memainkan film.

Tahap yang harus dilakukan dengan hati-hati adalah pemartisian, dan dipilih pemartisian secara manual.



Beri titik kait (mount point) "/". Klik OK untuk memulai pemartisian dan langsung menuju tahap selanjutnya yaitu pengumpulan data.

Yang pertama adalah penentuan waktu. Dipilih Jakarta (GMT/UTC +7).

Keyboard menggunakan standar USA.

Memasukkan nama, username, computer name, dan password. Di sini dipilih login automatically untuk memudahkan setiap saat melakukan boot. Di sini juga ada penilaian password, bilamana terlalu sederhana akan dinilai "weak".

Nah, setelah pengumpulan data selesai, tinggal menunggu installer melakukan pengkopian file dan pengkonfigurasian.

Tidak butuh waktu banyak, hanya belasan menit saja, dan setelah selesai ada pilihan untuk melanjutkan testing (dengan mode live) atau reboot untuk menikmati OS yang baru terinstall di harddisk.

0 komentar:

Posting Komentar