Minggu, 27 Maret 2011

Cara Mengatasi Tampilan layar terbalik

Permasalahan tampilan monitor terbalik sering membuat panik yang di karenakan ada kombinasi keyboard yg terpencet atau mungkin ada seseorang yang sengaja menjahili dan ini bukan karna virus atau VGA “hardware”. So caranya adalah :
  • Pencet tombol CTR + ALT secara bersamaan + tombol PANAH ATAS untuk kembali keposisi default
  • Pencet tombol CTR + ALT secara bersamaan + tombol PANAH BAWAH untuk kembali keposisi layer terbalik
  • Pencet tombol CTR + ALT secara bersamaan + tombol PANAH KANAN untuk kembali keposisi tampilan berputar kekanan 90 derajat
  • Pencet tombol CTR + ALT secara bersamaan + tombol PANAH KIRI untuk kembali
    keposisi tampilan berputar kekiri 90 derajat
Sebagai bahan catatan ane coz beberapa kali kejadian pada komputer user/client :) so kalo mo jahil pake cara” ini jgn di salah gunakan ya bro … :)

Sebagian besar Video Card Adapter pada PC / Laptop terbaru sudah mendukung untuk memutar balikkan tampilan layar. Baik itu putaran 90°, 180° dan 270°. Hal ini sebenarnya bukanlah hal yang wajar untuk dilakukan. Tetapi suatu saat nanti, anda akan pernah untuk melakukan hal ini.
Saya sendiri punya pengalaman tentang hal ini. Ketika diminta untuk memasangkan LCD Projector di sebuah Instansi. LCD Projector tersebut diminta untuk dipasang pada loteng ruang rapat. Tentu saja harus dipasang secara terbalik agar bisa merekatkan bagian bawah LCD Projector dengan tatakannya.
Setelah terpasang, yang saya bingungkan adalah gambar ditampilkan secara terbalik pula. Serasa terbalik bumi ini kelihatannya. Hehehe… Sebenarnya untuk jenis LCD Projector terbaru, sudah ada fasilitas untuk membalikkan tampilan. Maklumlah, karena masih baru mengenal dunia IT, jadi bingung dan gak tau letaknya :) .
Kalo sudah terbalik begini tentu saja pekerjaan kita belum dianggap selesaikan ? Nah Solusinya selain memutar tampilan di LCD, kita dapat menggunakan fitur yang ada pada Menu VGA Card di laptop atau PC jika tersedia. Untuk cara penggunaannya tentu saja agak sulit menjelaskannya. Karena beda Merk, beda pula letak menunya.

Bagaimana jika VGA pada Laptop atau PC tidak mendukung ?
Jangan khawatir, karena ada iRotate yang dibuat oleh EnTech Taiwan agar dapat membantu pekerjaan kita. iRotate ini didukung oleh merek-merek produsen VGA Card terkenal seperti ATI, nVidia, Intel, Matrox, S3, XGI dan lain-lain, luar biasa iRotate menawarkan kecepatan dan efisiensi, dengan hanya sedikit menggunakan sumber daya komputer.
Cara menggunakannya sangat mudah, tinggal klik kanan icon iRotate pada TaskBar, lalu pilih arah yang diinginkan. Atau dengan cara cepat yaitu menekan tombol Ctrl + Alt + Up, Ctrl + Alt + Down, Ctrl + Alt + Right dan Ctrl + Alt + Left.

Yang lebih menariknya lagi, Anda juga dapat memutar layar sehingga Anda dapat membaca dokumen PDF dan lainnya dalam format A4 lebih nyaman.

2 komentar:

Hesty Diana mengatakan...

heheh.. makasiii infonya..

Anonim mengatakan...

Kalo nyambungnya ke tv gimana Om?

Posting Komentar