Selasa, 05 April 2011


Tugas Penelitian Bahasa dan Sastra Bali
Nama : Ayu Resy Indrayani
NIM : 2008.2.11.0206
Semester : 6 A
Jurusan : FPBS/Bahasa Daerah Bali

Pertanyaan!

  1. Sebutkan topik/judul untuk proposal anda kelak!
  2. Jelaskan alasan anda memilih topik/judul tersebut!
  3. Sebutkan populasi data (sasaran penelitian) yang akan diambil!
  4. Buat daftar buku/bacaan yang sudah di peroleh!

Jawaban!

  1. Judul proposal saya kelak adalah 'Pengaruh minat belajar akasara Bali terhadap kemampuan membaca Aksara Bali siswa SMK pariwisata peguyangan” .Tahun Pelajaran 2010/2011.
  2. Alasan saya memilih judul tersebut karena dimana banyak siswa di smk pariwisata,yang sama sekali tidak memiliki minat membaca Akasara Bali atau menyepelekan pelajaran bahasa bali,di angap tidak penting padahal bahasa daerah adalah bahasa ibu yang kita harus lestarikan,untuk memper kaya kasanah budaya dan tradisi bangsa. Bahasa daerah juga dianggap jati diri orang bali yang bisa di gunakan dalam kehidupan bermasyarakat di bali.maka dari itu kita sebagai generasi muda harus melestarikan bahasa daerah dan harus mempelajari aksara bali.banyak pendapat bahwa aksara bali dianggap rumit,tapi kalau dipelajari pasti bisa. Di smk pariwisata banyak yang dominan memplajari bahasa inggris,maka dari itu kita sebagai guru harus memacu atau memotivasi siswa dengan berbagai cara sejak dini untuk mempengaruhi minat sehinga minat belajar aksara balinya pun akan tumbuh. Dimana minat belajar itu dapat mempengaruhi kemampuan membaca sehingga timbullah keinginan untuk membaca Aksara Bali tanpa ada paksaan/pengaruh dan keinginan/ minat itu akan tumbuh sampai kapanpun atau melekat dengan rasa mencintai bahasa daerah itu sendiri. Kemudian barulah secara otomatis kemampuan membaca aksara balinya akan bertambah & semua tentang bahasa daerah pun akan ditangkap secara mudah.
  3. Populasi data (sasaran penelitian) yang akan saya ambil yaitu siswa kelas X ada 50 orang, jumlah kelas untu kelas X ada 4 kelas jadi seluruh siswa kelas X ada 200 orang.
  4. Daftar buku yang sudah di peroleh adalah
  • Bandana, I Gede Waya Soken, 2003. “Sekilas Tentang Fungsi dan Asal Usul Aksara Bali.” Dalam Aksara, jurnal Bahasa dan Sastra No.21, Tahun XIII,2003, Denpasar :Balai Bahasa Denpasar.
  • Kersten, J.1984. Bahasa Bali, Tata Bahasa dan kamus Bahasa lumrah. Flore, Nusa Indah.
  • Sulaga, I Nyoman.1996,Tata Bahasa Baku Bahasa Bali. Denpasar: Pemda Tingkat 1 Bali.

0 komentar:

Posting Komentar